Makna Mendalam dalam Permainan Tradisional Sondah Manda

 Oleh: Fahmi Ramdani

Gambar 1: Anak-anak sedang bermain Sondah Mandah di Kampung warna-warni, Magelang (Sumber: @)

Permainan Tradisional merupakan salah satu kenangan yang tak terlupakan dalam hidup kita, Walaupun permainan tersebut terasa mulai hilang satu persatu dari kehidupan anak-anak zaman sekarang karena pengaruh gadget dan alat elektronik lainnya. Tahukah anda berapa banyak Permainan tradisional yang ada di Indonesia? Dikutip dari channel youtube TEDxjakarta, Zaini Alif seorang pakar permainan tradisional mengklaim bahwa Permainan Tradisional di Indonesia sangatlah banyak, di Sunda saja sudah mencapai 250 permainan.

“Saya menemukan sekitar 250 jenis mainan, di Sunda saja..... Kemudian saya juga menemukan 212 mainan tradisional di Jawa. Kemudian saya menemukan 50 mainan tradisional di Lampung, 300 dari berbagai Provinsi dan, sekarang 10 negara dunia dan menemukan 300 mainan tradisional.” Ungkap orang yang mengklaim dirinya satu-satunya lulusan ITB yang menjadi pakar mainan.

Dan yang unik setiap permainan itu memiliki makna mendalam. Kita ambil saja contoh salah satunya permainan Sondah Mandah.“Sondah mandah saya cari, saya keliling saya cari sondah mandah itu apa? Ketika saya temukan Sondah Mandah itu kalau dalam kamus bahasa belanda adalah “Sunday Monday” ternyata........ Ternyata setelah saya teliti kotak-kotaknya itu ada 7, yang terakhir yang gunungan terutama. Itu 7 itu melambangkan senin, selasa, rabu, kamis, jum’at, sabtu, minggu..... Itu memberikan apa ke anak-anak? Bahwa dia disadarkan setiap hari dia bekerja keras.” Kata lulusan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung tersebut.

Begitu dalam sekali makna yang terselubung dalam permainan Sondah mandah tersebut. karena secara tidak langsung mengajarkan anak-anak tentang kehidupan sehari-hari yang harus dijalani. permainan ini mengajarkan kepada anak-anak bahwasanya untuk menggapai kesuksesan, setiap harinya mau tidak mau kita harus bekerja keras, bukan bermalas-malasan. Begitu luar biasa leluhur kita dalam menciptakan permainan. Karena mereka tak sekedar membuat permainan saja, tetapi mereka juga memasukkan kedalamnya nilai-nilai kehidupan yang luar biasa!

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat videonya di bawah ini!



Baca juga:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu arti Ikhlas? Begini kata Ust. Mufti Najmul Umam!

Pesan Keagamaan yang disampaikan dalam kata “HOM PIM PAH ALAIHOM GAMBRENG”